Friday 24 May 2013

Tips Menyusui Si Kecil Dengan Benar

Ada beberapa hal penting tentang bagaimana cara Menjaga Bayi Baru Lahir yang harus Bunda ketahui, salah satunya adalah selalu menjaga ASI atau air susu ibu tetap lancar dan keluar banyak, selain itu yang lebih penting lagi tentang bagaimana cara menyusui si Kecil dengan baik dan benar. Apalagi bagi Bunda yang baru pertama kali memberikan ASI pada si Kecil yang baru lahir, harus benar-benar mengetahui caranya agar menyusui si Kecil lebih aman dan sangat efektif membuat si Kecil lebih sehat.
Di bawah ini ada beberapa tips cara menyusui si Kecil dengan benar, yaitu:
1. Sebenarnya jadwal pemberian ASI bagi si Kecil atau jadwal menyusu yang baik bagi si Kecil adalah kapan si Kecil meminta minum, bukan Bunda yang mengatur jadwalnya.
2. Bunda harus memperhatikan posisi Bunda ketika sedang menyusui, karena jika posisinya salah akan berakibat fatal misalnya dapat menyebabkan hidung anak tertutup dan sebagainya. Jangan pernah tertidur saat Bunda menyusui karena Bunda tidak akan tahu bagaimana kondisi ASI yang keluar dan akibatnya dapat membuat si Kecil tersedak dan jika bayi tersedak saat menyusu akan berujung pada kematian.
3. Berikanlah ASI pada si Kecil hingga ia sudah tidak mau lagi. Bagi bayi baru lahir, jumlah ASI eksklusif yang masuk sangat mempengaruhi berat badan tubuhnya dan jika pemberian ASI dibatasi maka berat badannya tidak akan mengalami kenaikan.
4. Jangan pernah berhenti memberikan ASI terutama ASI eksklusif pada si Kecil karena ASI merupakan makanan terbaik untuknya.
Lakukanlah kegiatan menyusui dengan penuh kasih sayang dan senang hati, sehingga ASI pun dengan sendirinya akan lancar serta keluar banyak. Dan juga berikanlah si Kecil ASI dengan cara tips diatas yang telah dijelaskan agar menyusui menjadi aman dan efektif membuat si Kecil menjadi lebih sehat, selain itu Bunda juga telah Menjaga Bayi Baru Lahir dengan baik dan tepat.

No comments:

Post a Comment