Thursday 13 June 2013

Teh Sumber Alami Flouride

Teh Hijau
Teh mengandung satu jenis mineral yang baik untuk kesehatan gigi, yaitu flouride. Flouride dapat meningkatkan kekerasan dan kekuatan mineralisasi, jaringan tulang dalam gigi serta membantu mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi. Linus Pauling Institute di Oregon State University mencatat bahwa teh hijau dan teh hitam adalah sumber yang baik bagi flouride. Kandungan alami teh ini hadir karena adanya kecenderungan tanaman teh untuk berbioakumulasi atau menyerap berbagai macam bahan dari lingkungan sekitar dan kemudian menyimpan bahan-bahan tersebut.


Kemungkinan, flouride sebagai kandungan alami teh didapat dari udara dan tanah. Flouride menumpuk di daun dan tetap bertahan selama proses pengolahan daun teh. Kemudian, ketika teh diseduh, flouride akan terlarut dalam air. Jika air yang digunakan untuk menyeduh teh juga merupakan air berflouride, maka kandungan flouride dalam secangkir teh tersebut akan lebih tinggi lagi.

Empat cangkir teh merupakan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan flouride harian yang direkomendasikan. Selain dari teh, Anda juga perlu memperhitungkan asupan flouride dari air dan produk perawatan gigi karena flouride berlebih dapat menimbulkan kondisi yang dikenal sebagai fluorosis. Fluorosis adalah keadaan gigi dan tulang menjadi rapuh dan berubah warna.  Dengan mengonsumsi teh secara bijaksana, Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi tersebut.


No comments:

Post a Comment