Sunday 22 September 2013

Kelebihan Susu Kedelai

Bagi anda para orang tua yang ingin memenuhi gizi seimbang pada pola makan untuk buah hati tercinta pasti menginginkan makanan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi.Dengan naiknya harga-harga pokok serta harga daging yang semakin melejit, anda tidak perlu kuatir karena ada bahan makanan pengganti yang bisa anda dapatkan dari kacang-kacangan dengan harga yang relatif murah.Salah satunya yaitu mengkonsumsi makanan dari bahan dasar kedelai.Makanan berserat sangat banyak bagi kesehatan maupun untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak.

Apabila anda bosan dengan bahan makanan dari kedelai yang berwujud tahu dan tempe, anda bisa menyiasatinya dengan mengolahnya menjadi susu. Makanan berserat yang diolah menjadi susu mempunyai keunggulan dibandingkan dengan susu sapi, diantaranya adalah :

·         Alternatif  bagi anda yang alergi susu sapi
Hal ini dikarenakan enzyme laktase dalam tubuh yang terbatas sehingga pemecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa kurang lancar
·         Pengganti susu sapi
Susu kedelai bisa menjadi susu pendamping ASI selain susu sapi. Kelebihan dari susu sapi adalah tidak adanya kandungan laktosa pada susu kedelai.
·         Minuman para vegetarian
Bagi anda yang tidak mengkonsumsi daging, susu kedelai bisa membantu memenuhi gizi anda sebagai pengganti susu sapi
·         Susu bagi penderita autism

Bagi penderita autism, mereka harus menghindari makanan yang mengandung kasein atau protein susu dan glutein atau protein tepung. Hal tersebut karena bisa menyebabkan gangguan fungsi otak dan bisa menjadikan anak lebih hiperaktif.
Anda bisa membuat susu kedelai sendiri dirumah, tetapi apabila tidak sempat, sekarang sudah ada susu kedelai dalam seri kemasan. Susu yang diedarkan di pasaran sudah diperkaya dengan :

  • ·         Kalsium
  • ·         Vitamin B12
  • ·         Vitamin E
  • ·         Vitamin D
  • ·         Nutrisi lainnya

No comments:

Post a Comment