Monday 16 September 2013

Pencegah Gangguan Kesehatan Mujarab

Di sepanjang sejarah teh, sejak awal mulanya, teh selalu dikaitkan memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Penelitian paling awal tercatat bahwa teh dikaitkan dapat menyembuhkan flu dan batuk. Pada hakikatnya, teh berkhasiat untuk obat flu dan batuk karena zat di dalam kandungannya berfungsi untuk meningkatkan imunitas sehingga mampu memulihkan stamina tubuh. Beberapa zat yang dikandung oleh teh di antaranya kafein, flavonoid, katekin (catechin), dan poliphenol terbukti membuat teh dalam berbagai bentuk dan varian—termasuk juga teh celup—manjur untuk mencegah dan mengobati gangguan kesehatan.

Teh hitam maupun teh hijau telah dikenal luas memiliki khasiat mujarab untuk berbagai hal. Tapi selalu ada satu khasiat yang jauh lebih dikenal untuk masing-masing varian teh tersebut. Banyak orang mengetahui keampuhan teh hijau untuk membakar lemak sehingga memperlancar proses penurunan berat badan. Sementara teh hitam lebih dikenal ampuh melawan kantuk, karena seperti halnya kopi, memiliki kandungan kafein. Namun teh hijau maupun teh hitam tidak hanya bermanfaat untuk pembakaran lemak ataupun mengurangi rasa kantuk belaka.
Teh dalam beragam jenis dan wujudnya—baik itu teh daun, teh bubuk, maupun teh celup—memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya memori dan kinerja otak, menurunkan risiko kencing manis (diabetes), mempercantik kulit, dan lain-lain. Perbedaan teh hitam dengan teh hijau hanyalah kadar kafein teh hitam lebih banyak dua hingga tiga kali lipat daripada teh hijau. 

No comments:

Post a Comment