Thursday 25 April 2013

Mengatasi gangguan tidur saat kehamilan

http://aktivitaspagi.blogspot.com/2013/04/mengatasi-gangguan-tidur-saat-kehamilan.html
Pada Tidur saat Kehamilan
Persiapan untuk tidur
Ibu hamil cenderung sering mengalami masalah tidur. Hal ini wajar karena kondisi kehamilan merubah fisik dan kondisi biologis di dalam tubuh. Beberapa tips kehamilan ini dapat membantu anda agar lebih nyenyak dalam tidur meskipun dalam kondisi hamil.
Sebelum tidur pastikan anda tidak baru saja selesai makan berat atau makan kecil. Berikan jeda waktu sekitar 2 jam agar makanan sudah dicerna. Jika belum dicerna dengan baik dan anda langsung tidur dapat menyebabkan rasa mulas. Kemudian janganlah membawa pekerjaan ke tempat tidur anda. Tinggalkan segala barang yang dapat mengganggu anda seperti handphone dan matikan televisi. Kemudian buatlah tempat tidur anda menjadi lebih nyaman. Gunakan kasur yang kuat dapat menopang tubuh anda namun tetap memberikan rasa nyaman.

Posisi tidur
Tips kehamilan berikutnya tentang tidur untuk ibu yang sedang hamil adalah memilih posisi yang tepat. Saat hamil, ibu akan mengalami perubahan fisik dimana perut yang membesar. Saat berjalan dan beraktifitas beban akan ditopang oleh tulang belakang sehingga biasanya menyebabkan sakit punggung. Saat tidur adalah saat yang tepat untuk mengistirahatkan punggung. Gunakan bantal tambahan untuk menopang kepala dan tubuh bagian atas. Jika masih kurang gunakan bantal lagi untuk menopang bagian tubuh yang pegal. Kemudian tidurlah dalam posisi miring agar rahim tidak menekan diafragma saat tidur sehingga ibu akan mudah bernafas.  

No comments:

Post a Comment