Wednesday 17 April 2013

Tumbuhkan Kecanduan Belajar Melalui Hal yang Disukai


Kecanduan Belajar
Minat Belajar, Anda suka belajar? Saat ini berbagai metode telah diciptakan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk belajar. Perkembangan belajar pun seharusnya terjadi pada masyarakat. Metode belajar yang sederhana sampai yang canggih telah dikenal. misalnya mendengarkan musik sambil belajar, membaca sambil membuat catatan dengan variasi warna, atau belajar sambil berjalan-jalan telah dikenal secara luas.
Bahkan saat ini metode belajar secara efektif dan efisien dapat Anda dapatkan melalui sebuah seminar atau sebagainya. Metode belajar semakin berkembang disesuaikan dengan kemampuan manusia. Namun apakah berarti minat masyarakat terhadap belajar meningkat? Dalam suatu survei yang dilakukan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia masih belum menjadikan belajar sebagai minatnya.

Kesukaan dan Kecanduan 
Pernahkah Anda kecanduan sesuatu? Penyanyi idola misalnya? Apa yang Anda sukai dari penyanyi itu? Suaranya,wajahnya, atau penampilannya? Jika sudah kecanduan, Anda mungkin rela menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar elektronik untuk mendapatkan informasi mengenai penyanyi idola Anda itu. Kemudian, membeli segala pernak-pernik yang terkait dengan penyanyi idola Anda ini. Tidaklah berhak saya menyatakan apakah hal ini baik atau buruk. Karena setiap orang memiliki kesukaanya masing-masing.  

Apakah mungkin seseorang bisa kecanduan belajar? Saya rasa mungkin. Berkaca dari kecanduan akan penyanyi idola, terdapat satu poin penting yang dapat ditelaah. Yaitu kecanduan akan sesuatu tidak terlepas dari sesuatu yang menarik perhatian dan disukai. Belajar bagi sebagian orang sangat membosankan dan menjemukkan. Namun apabila ditemukan sesuatu yang menarik dalam belajar sesuatu maka akan sulit untuk melepaskan diri dari belajar. Mulailah mencari sesuatu yang Anda sukai untuk kemudian dikombinasikan dalam proses belajar. Misalnya jika Anda menyukai kegiatan di luar ruangan, Anda dapat  membawa buku-buku untuk sesekali dibaca pada waktu senggang. 

No comments:

Post a Comment