Friday 19 April 2013

Peta Unik


http://aktivitaspagi.blogspot.com/2013/04/peta-unik.html
Peta Unik
Peta negara bisanya terbuat dari kertas khusus, namun banyak pihak yang membuat peta negara dengan menggunakan bahan-bahan unik seperti adonan kue, puzzle, susunan coklat, susunan kue, bahkan susunan spons cuci piring. Membuat peta dengan menggunakan bahan-bahan unik tentu saja juga membutuhkan kreativitas yang unik. Biasanya peta yang dibuat dengan bahan-bahan unik ini memiliki tujuan masing-masing seperti kritik sosial, pemecahan rekor, pameran, dan lain sebagainya. 


Karya Unik dari Spons
Karya yang cukup unik dilakukan oleh Jeffrey Allen Price yang mengumpulkan beragam jenis spons cuci piring bekas untuk dijadikan peta negara Amerika Serikat. Ide Jeffrey ini cukup unik, bukan hanya karena penggunaan spons tapi juga pesan khusus yang ingin ia sampaikan melalui aksinya ini. Apa pesan khusus yang ingin disampaikan Jeffrey? Jeffrey mengatakan bahwa ia ingin mengatakan bahwa Amerika adalah negara yang kondisinya sama persis dengan spons bekas yang ia gunakan, yaitu sudah terpakai dan kotor. Jeffrey tidak mengungkapkan apakah karyanya ini hanya sekedar kreativitas semata atau kritik yang ditujukan untuk kelompok tertentu.

Rencana Selanjutnya
Bagaimanapun juga Jeffrey berhak mendapatkan sambutan atas kreativitasnya membuat peta negara Amerika Serikat dengan menggunakan spons bekasi pakai. Ternyata Jeffrey tidak hanya membuat peta Amerika Serikat namun juga peta daerah bencana tsunami Jepang dan peta negara bagian Manhattan, Amerika Serikat. Jeffrey juga berencana untuk melanjutkan membuat peta-peta negara tertentu, dan kemungkinan bukan hanya membuat peta dengan menggunakan spons.

No comments:

Post a Comment