Thursday 19 June 2014

Mengenal Kelenjar Thymus

kelenjar thymus
Kelenjar Thymus
Ada sebuah kelenjar yang terdapat di bagian depan dada manusia yang disebut dengan kelenjar thymus. Kata thymus itu sendiri diambil dari bahasa Yunani yang artinya adalah jiwa, hati, keinginan atau kehidupan. Dan meski sudah ditemukan hampir 2000 tahun yang lalu oleh seorang ahli kedokteran asal Yunani bernama Galenus, harus diakui masih banyak fungsinya yang masih belum diketahui. Posisi jelasnya kelenjar ini adalah berada di bawah tenggorkan dan berada diantara dua belah paru-paru kita. Warnanya kemerah-merahan dan seperti halnya paru-paru, kelenjar ini juga memiliki dua lobus.

Satu hal yang jelas fungsi kelenjar thymus berpengaruh terhadap perkembanagn ukuran tubuh manusia. Salah satu penyebab mengapa ada ukuran manusia yang kerdil dan ukuran manusia yang gigantik adalah disebabkan oleh kelenjar ini.
kelenjar ini memang menghasilkan beberapa sel dan hormon yang memiliki kaitan dengan pertumbuhan. Dan masa aktifnya pun berlangsung selama masa pubertas manusia hingga dewasa. Walaupun begitu ketika dewasa kelenjar ini bukannya berhenti berproduksi sama sekali. Namun bisa dibilang produksinya melambat seiring bertambahnya usia.


Memang di jaman kedokteran yang sudah secanggih ini masih saja ada fungsi-fungsi kelenjar yang masih belum kita ketahui dengan jelas. Hal ini membuktikan bahwa tubuh kita memang diciptakan dan didesain dengan cara yang luar biasa. Untuk itu agar berbagai fungsi tubuh kita dapat berjalan dengan baik maka sudah sepatutnya kita senantiasa menjaga kesehatan kita dengan memiliki gaya hidup yang sehat, yaitu dengan berolah raga, istirahat yang cukup, dan memndapatkan asupan gizi yang baik.

No comments:

Post a Comment