Tuesday 30 September 2014

Mengenal Bagian Penting Mesin Pompa Fluida


Salah satu jenis pompa yang umum digunakan di industri pertambangan ialah centrifugal pump yang memiliki kemampuan memindahkan elemen cair dengan kapasitas besar. Pompa ini dirancang khusus mampu bekerja pada kondisi yang buruk, seperti kondisi pertambangan minyak. Minyak bumi kali pertama yang diambil dari perut bumi umumnya dalam keadaan kotor. Pompa dengan energi kinetik ini handal memompa cairan yang kotor sekalipun ke permukaan atau berpindah tempat.

Karena sering bersentuhan dengan minyak kotor maka secara rutin harus dibersihkan per bagian atau komponennya. Agar lebih awet dan tidak cepat aus, berikut bagian-bagian penting dari pompa sentrifugal tersebut:

1.       Casing yang mengelilingi bagian impeller, berfungsi menurunkan kecepatan cairan yang masuk.
2.       Impeller, bagian yang bergerak memutar yang memindahkan energi kinetik ke cairan.
3.       Poros, yang berfungsi sebagai sumber penggerak.
4.       Bearing yang menjaga posisi rotor dalam tempatnya.
5.       Kopling, bagian yang menghubungkan poros.
6.       Sistem packing berfungsi mengontrol jika terjadi kebocoran.
7.       Sistem lubrikasi yang mengatur gesekan komponen.


Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda untuk mengoptimalkan kerja mesin pompa bisa memindahkan cairan minyak dengan baik. Perawatannya tentu juga berbeda, ada beberapa bagian yang perlu diganti secara rutin seperti poros (shaft). Karena termasuk mesin pompa yang mengandalkan energi gerak maka perlu dicek secara rutin agar centrifugal pump tidak akan mengalami kerusakan parah. 

No comments:

Post a Comment