Tuesday 29 October 2013

Makanan Sehat untuk Anak

Sebagai orang tua, Anda tentu tidak bisa mengabaikan asupan makanan untuk anak karena semua yang dimakan oleh anak akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Banyak orang tua yang khawatir dengan kebiasaan jajan anak yang mengarah pada makanan yang tidak sehat sehingga ada baiknya orang tua sudah mulai membiasakan anak untuk makan menu sehat dari rumah.
Tantangan Bagi Orang Tua
Membuat menu sehat bagi anak-anak tidaklah sulit bagi orang tua. Namun, perlu diingat bahwa banyak anak memiliki masalah dengan makan.
Banyak orang tua yang harus ekstra keras berjuang untuk membuat anak tidak hanya bersemangat untuk makan, melainkan juga melahap setiap bahan makanan yang dimasak ke dalam makanan tersebut. Betapa banyak anak yang enggan makan wortel, brokoli, atau paprika padahal semua jenis makanan tersebut sangat bagus untuk perkembangan tubuhnya. Ooleh karena itu, makanan tidak hanya harus kreatif dalam meracik menu makanan sehat untuk anak melainkan juga membuat makanan tersebut semenarik mungkin sehingga membuat anak tergugah untuk makan.
Panduan Orang Tua
Untuk menyajikan makanan sehat dan menarik bagi anak, paling tidak ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga makanan tersebut agar tetap memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh kembang. Anda jelas harus memasukkan makanan dengan unsur karbohidrat dari beragam jenis. Jangan lupa, Anda juga harus memasukkan sumber protein. Ikan menjadi pilihan protein yang kaya akan nutrisi lain termasuk asam lemak esensial yang bagus untuk anak. Asupan zat besi juga harus dijaga dalam menu anak dengan memasukkan daging merah dan beberapa jenis sayuran kaya zat besi seperti bayam.

No comments:

Post a Comment