Thursday 10 October 2013

Rasa Masam tetapi Bermanfaat


Sariawan, tenggorokan kering, bibir pecah-pecah merupakan masalah yang sering terjadi bagi mereka yang kekurangan vitamin C. Penyakit yang mudah muncul dan lama proses penyembuhannya itu memang tergolong mengganggu bagi yang mengalaminya. Asupan vitamin C dalam tubuh harus terpenuhi namun jangan sampai kelebihan. Sumber vitamin C antara lain jeruk, mangga, nanas, kedondong. Bisa dibanyangkan kalau buah-buahan tersebut memiliki rasa yang masam.

Buah-buahan tersebut mudah dijumpai di pasar maupun toko buah. Jangan melihat harga dari buah-buahan karena harga mahal tidak menjamin banyaknya vitamin yang dikandung buah tersebut. Jadi, rutinlah mengkonsumsi buah setiap hari.
Fungsi Vitamin C
Pada dasarnya, buah-buahan mengandung vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk mencegah penyakit seperti yang tersebut di atas. Selain itu, fungsi vitamin C adalah membantu pembentukan kolagen. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan.
Akibat Kekurangan Vitamin C
Segala macam yang berlebihan itu tidak baik. Namun, jika kekurangan juga bukan hal yang baik bagi kesehatan. Apa yang terjadi jika kekurangan vitamin C? Kekurangan vitamin C ternyata juga menyebabkan scurvy yaitu, pembuluh darah yang melemah sehingga mudah mengalami pendarahan. Biasanya mudah menyerang pada gusi. Vitamin C selain terdapat pada buah juga bisa terdapat dalam suplemen seperti minuman. Jangan hanya karena tak suka dengan rasa yang masam, kita tak mau mengkonsumsinya. Sebab, dibalik rasa masam, terkandung manfaat yang besar.



No comments:

Post a Comment